Halaman

Kamis, 23 Agustus 2012

Cara Menghadapi Ortu Pilih Kasih…



Ngerasa bete karena ayah atau ibu lebih perhatian sama saudara kandungmu yang lain? Dalam keluarga pasti sering ada rasa cemburu bila ada saudara kandung kita misalnya kakak atau adik yang lebih disayang sama ortu. Daripada merasa bete dan jengkel terus sebaiknya kamu atasi masalah tersebut. Nih caranya!


Tahanlah emosi dan buang jauh pikiran negatifmu. Bila kamu masih merasa jengkel atau cemburu menjauhlah terlebih dahulu. Jangan lantas marah saat melihat orangtuamu melakukan kakak atau adikmu lebih spesial. Dengan begitu kamu nggak terlihat iri hati dengan saudaramu sendiri.



Setelah emosimu reda kamu bisa berdiskusi secara baik-baik dengan orangtua. Cari tahu alasan orangtua kita memperlakukan saudara lebih istimewa. Misalnya tanyakan kenapa si kakak boleh membeli handphone lebih mahal dari kita sedang kita tidak boleh.  Atau kenapa oarangtua kita bersedia datang bila kakak atau adik sedang ada acara sedang kamu tidak. Ungkapkan juga apa yang kamu rasakan bila merasa dibedakan ceritalah kalau kamu merasa sedih diperlalukan beda. 



Sadar atau tidak ternyata perlakuan oranglain terhadap kita juga adalah cermin dari perlakuan kita sendiri. bisa saja kakak atau adik kita lebih dekat dengan orangtua kita karena mereka memang mendekatkan diri dan terbuka sama orangtua sedangkan kita tidak. Bila kita sendiri tidak mau mendekatkan diri pada oranglain bagaimana oranglain akan dekat dengan kita jika kita sibuk sendiri.



Tetaplah menjadi anak yang berbakti kepada orangtua. Dengan begitu orangtua kita juga akan merasa tersentuh dan lebih memperhatikan kita juga.

Satu hal yang paling penting jangan berpikir negatif. Mungkin saja semua masalah hanya terletak pada komunikasi saja. Karena itu bersikaplah lebih baik lagi kepada orangtua kita.

Tidak ada komentar: